Rohyani, Ema Siti (2015) PEMIKIRAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PROF. ACHMADI ( Studi Historis 1944-2014). Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Ema Siti Rohyani_11111084.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pendidikan agama Islam di Indonesia perspektif Prof. Achmadi. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana Posisi PAI dalam kerangka pendidikan nasional menurut Achmadi ? 2) bagaimana dasar dan tujuan PAI menurut Achmadi ? 3) bagaimana pandangan Achmadi mengenai pendekatan dalam PAI ? 4) bagaimana isi atau materi PAI menurut Achmadi ? 5) bagaimana relevansi PAI menurut Achmadi dengan konteks PAI sekarang ? Analisis ini menggunakan metode analisa isi. Yaitu menghimpun dan menganalisa dokumen-dokumen resmi, buku-buku, kemudian diklarifikasi sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisa isinya. Karya-karya Prof. Achmadi baik berupa buku, disertasi, penelitian, artikel, koran, majalah, dan sebagainya dikumpulkan kemudian diadakan analisis yang terkait dengan pembahasan tersebut. Setelah semua data terkumpul, kemudian mendelegasikan pemikiran Prof. Achmadi kepada pendidikan agama Islam. Berdasarkan hasil analisis dapat dirumuskan bahwa posisi pendidikan agama Islam di Indonesia menjadi semakin terlihat dengan adanya UU mengenai Sisdiknas no 20 tahun 2003, sejalan dengan hal tersebut pendidikan agama Islam menurut Prof. Achmadi mencakup dasar dan tujuan yang sesuai dengan nilai-nilai Ilahi. Pemikiran Prof. Achmadi seperti pendekatan fungsional, pendekatan humanis, pendekatan rasional kritis, pendekatan kultural dalam pendidikan agama Islam dapat dilakukan untuk memajukan pendidikan agama Islam di Indonesia dalam jangka panjang. Materi pendidikan agama Islam menurut Prof. Achmadi terdiri dari perenial knowlegde dan ilmu yang diperoleh. Pendidikan agama Islam menurut Prof. Achmadi dengan PAI sekarang ini sangat relevan, akan tetapi masih membutuhkan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai bentuk dari ideologi pendidikan yang berkembang sesuai dengan perubahan zaman yang tak terlepas dari nilai-nilai Islam sebagai pedoman dalam bertindak, mengamalkan nilai Islam mulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan sebagainya. Setelah dikaji secara mendalam pemikiran-pemikiran Prof. Achmadi terkait dengan pendidikan agama Islam diharapkan dan diterapkan di dunia pendidikan agama Islam di Indonesia untuk kemajuan pendidikan agama Islam di Indonesia. Baik dalam konteks pendidikan di dalam kelas ataupun skala nasional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 07:33 |
Last Modified: | 11 Feb 2016 07:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/131 |
Actions (login required)
View Item |