Muhfaidah, Ulum (2016) Pembelajaran Al-Quran pada Siswa Tunarungu di SMPLB Salatiga TahunPembelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran Alquran di SMPLB Negeri Salatiga, bagaimana evaluasi hasil belajar Al-Quran di SMPLB Negeri Salatiga, apasaja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Alquran di SMPLB Negeri Salatiga Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data dlakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan guru telah berusaha menggunakan multi metode dalam pembelajaran. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Alquran di SMPLB Ngeri Salatiga antara lain metode ceramah, metode Drill, metode resitasi. Adapun evaluasi pembelajaran Al-Quran ada dua cara yakni evaluasi harian dan test formatif yang diharapkan mampu mempermudah siswa dalam belajar dan menghafal. Sedangkan faktor pendukung diantaranya guru yang selalu sabar dan telaten, penambahan pelajaran skill bagi anak-anak, guru yang proesional. Faktor penghambat diantaranya keterbatasan jumlah tenaga pengajar, keterbatasan waktu pembelajaran. Usaha pemecahan terhadap hambatan diantaranya diadakan kerjasama dengan guru-guru yang ada, guru harus selalu sabar dan amapu memahami siswanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 03:18 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 03:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1311 |
Actions (login required)
View Item |