KONSEP NEGARA MENURUT PEMIKIRAN NURCHOLIS MADJID (Telaah Asas Keislaman, Keindonesiaan, & Kemodernan Serta Relevansinya Terhadap Model Tata Negara Indonesia)

ARSYAD, FAHMI (2022) KONSEP NEGARA MENURUT PEMIKIRAN NURCHOLIS MADJID (Telaah Asas Keislaman, Keindonesiaan, & Kemodernan Serta Relevansinya Terhadap Model Tata Negara Indonesia). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI - FAHMI ARSYAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemikiran Nurcholish Madjid yang terepresentasikan pada tiga poros, yaitu keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan serta menjelaskan secara detail bahwa Indonesia bukanlah negara sekuler yang memisahkan antara negara dan agama serta bukan pula negara berdasarkan pada suatu agama tertentu. Pertanyaan yang ingin dijawab oleh penelitian ini adalah bagaimana konsep negara menurut pemikiran Nurcholish Madjid? dan bagaimana relevansi negara perspektif Nurcholish Madjid terhadap model tata negara Indonesia?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan pendekatan pustaka (library research), yaitu menganalisa bahan-bahan kepustakaan atau literatur beberapa buku, dokumen, hasil penelitian, dan karya ilmiah lainnya dengan cara sistematis dan terstruktur. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci sekaligus pengumpul data. Peneliti juga bertindak penuh atas pengumpulanpengumpulan dokumen yang dikumpulkan selama proses penelitian. Peneliti akan mendeskripsikan kontruksi dasar pemikiran negara Nurcholish Madjid, lalu melakukan analisis secara kritis untuk mencari akar-akar pemikiran Nurcholish Madjid. Kemudian menggunakan analisis data agar memperoleh keterangan dari sisi komunikasi yang disampaikan dalam bentuk apapun. Temuan penelitian ini menunjukkan konsep bernegara dari Nurcholish Madjid adalah konsep negara bangsa atau “nation-state” terkait erat dengan paham kebangsaan atau nasionalisme, tidak dalam arti kesukuan, kekabilahan, ataupun etno-nasionalisme. Cak Nur menolak pandangan Islam sebagai ideologi negara. Menurutnya Islam tidak wajib mendirikan negara Islam, tetapi negara wajib melaksanakan nilai-nilai Islam termasuk melalui pemerintahan yang ada dalam suatu negara. Indikator-indikator penunjang konsep negara Nurcholish Madjid yaitu (1) Supremasi hukum di Indonesia (2) Peningkatan mutu pendidikan (3) Keadilan sosial (4) Good governance (5) Rekonsiliasi nasional (6) Ketahanan dan keamanan nasional (7) Peneguhan kebhinekaan dan otonomisasi (8) Reformasi ekonomi (9) Kebebasan pers dan pembagian kekuasaan (10) Perdamaian dunia, memiliki relevansi dengan model tata negara Indonesia dibuktikan dengan adanya sumber data dari UUD 1945 maupun peraturan perundang-undangan yang lainnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2022 15:47
Last Modified: 04 Mar 2022 08:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item