ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIIIG SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Safitri, Arnindia Hani (2022) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIIIG SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ARNINDIA HANI SAFITRI 23070160063.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan metakognisi siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIIIG SMP Negeri 1 Bringin. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan dan bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer. Sumber data utama dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Bringin. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi tergolong pada tingkat metakognisi reflective use memiliki aktivitas metakognisi mampu memahami masalah dengan tepat, dapat memperbaiki kesalahan, serta melakukan evaluasi setiap langkah yang diselesaikannya. (2) Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang terdapat dua golongan tingkat metakognisi yaitu, pertama tingkat metakognisi aware use mempunyai aktivitas metakognisi seperti mampu memahami masalah karena dapat memberikan penjelasan secara logis, menyadari adanya kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan, namun tidak dapat memperbaiki kesalahan dalam menyelesaikan soal. Sedangkan yang kedua tergolong dalam tingkat “strategic use” mempunyai aktivitas metakognisi seperti mampu memahami masalah karena dapat memberikan penjelasan secara logis, menyadari adanya kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan, dan dapat memperbaiki kesalahan dalam menyelesaikan soal. (3) Siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah tergolong pada tingkat metakognisi tacit use mempunyai aktivitas metakognisi seperti mampu memahami permasalahan, namun dalam menyelesaikan permasalahan hanya sekedar mencoba-coba tanpa memikirkan apakah strategi yang dipilihnya benar atau tidak.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2022 16:32
Last Modified: 23 Mar 2022 14:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item