Implementasi Dasa Dharma Pramuka dalam Pendidikan Akhlak Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2021

SUSILOWTI, EKA (2022) Implementasi Dasa Dharma Pramuka dalam Pendidikan Akhlak Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
EKA SUSILOWATI 23010160020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Susilowati, Eka.2021.Implementasi Dasa Dharma Pramuka dalam pendidikan Akhlak Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2021/2021.Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Gutur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: pendidikan akhlak dan Dasa Dharma Pramuka Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam Dasa Dharma Pramuka, bagaimana implementasi Dasa Dharma pramuka dalam pendidikan akhlak serta bagaimana peluang dan hambatan dalam pendidikan akhlak terhadap Dasa Dharma Pramuka siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru dan pembina pramuka, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan, profil sekolah dan sertifikat penghargaan bagi sekolah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pendidikan akhlak pendidikan akhlak adalah ikhtiar atau usaha manusia dewasa untuk mengarahkan peserta didik agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah Ta’ala dan berakhlak karimah. Pembentukan akhlak dilakukan dan dikemas dalam kegiatan-kegiatan pramuka melalui Dasa Dharma Pramuka. Kedua implementasi Dasa Dharma dalam membentuk akhlak siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen terdapat banyak sekali nilai tentang pendidikan akhlak, yaitu takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah, rajin terampil dan gembira, hemat cermat dan bersaaja, disiplin berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat di percaya dan suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan. Ketiga, Faktor pendukung penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam dasa dharma di dukung oleh berbagai macam faktor dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah juga berbagai kegiatan yang dilangsungkan. Hambatan dalam penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam dasa dharma adalah faktor siswa itu sendiri, karema setiap siswa memiliki watak yang berbeda-beda.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2022 17:48
Last Modified: 07 Mar 2022 10:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item