HENDRO, MUHAMAD (2022) PENGARUH PENGUASAAN MATERI, KEMAMPUAN MENGGUNAKAN IT DAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN MATERI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
tesis hendro LENGKAP versi pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pengaruh Penguasaan Materi, Kemampuan Menggunakan IT dan Kemampuan mengembankan Materi Terhadap Prestasi Belajar PAI di SMP Islam AL-Azhar 18 Salatiga Tahun 2021. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Dr. Ruwandi, MA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dalam menguasai materi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga (2) Menemukan dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dalam menggunakan Information Technology (IT) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. (3) Menemukan dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dalam mengembangkan materi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. (4)Menemukan dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dalam menguasai materi dan kemampuan menggunakan IT dengan prestasi belajar PAI melalui kemampuan mengembangkan materi sebagai variabel intervening pada siswa SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 30 siswa. Variabel yang diteliti meliputi Penguasaan Materi, Kemampuan Menggunakan IT, Kemampuan Menggunakan IT. Metode pengumpulan data melalui angket, analisis data menggunakan analisis statistik dengan analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis jalur serta diperkuat dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh Penguasan Materi terhadap Prestasi Belajar PAI adalah positif dan siqnifikan. Hal ini karena diketahui korelasi antara kedua variabel tesebut memiliki nilai t hitung lebih besar dengan nilai t tabel (3,495 > 1,697) atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) Pengaruh kemampuan menggunakan IT terhadap prestasi belajar PAI adalah tidak siqnifikan. . Hal ini karena hubungan antara kedua variabel tesebut memiliki nilai t hitung lebih besar dengan nilai t tabel yaitu -1,847 < 1,697 atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,076 > 0,05. (3) Pengaruh Kemampuan Mengembangkan Materi dengan prestasi belajar PAI adalah positif dan siqnifikan. Hal ini karena hubungan antara kedua variabel tesebut memiliki nilai t hitung lebih besar dengan nilai t tabel yaitu 4,143 > 1,697 atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.(4)Tidak ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan materi dan kemampuan menggunakan IT terhadap prestasi belajar PAI di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga melalui kemampuan mengembankan materi sebagai variabel intervening. Hal ini karena terdapat salah satu jalur yaitu kemampuan menggunakan IT yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga melalui kemampuan mengembangkan materi sebagai intervening. Kata Kunci : Penguasaan Materi, Kemampuan Menggunakan IT, Kemampuan Mengembangkan Materi dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 21:42 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 14:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13155 |
Actions (login required)
View Item |