PERAN KELOMPOK TANI ARGOMULYO DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PRODUKSI GULA AREN (Studi Kasus Praktik Pemberdayaan Kelompok Tani di Dusun Gesing Desa Tegaron Kecamatan Banyubiru)

ZAHRA, FATIMATUZ (2022) PERAN KELOMPOK TANI ARGOMULYO DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PRODUKSI GULA AREN (Studi Kasus Praktik Pemberdayaan Kelompok Tani di Dusun Gesing Desa Tegaron Kecamatan Banyubiru). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FATIMATUZ ZAHRA 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zahra, Fatimatuz. 2022. Peran Kelompok Tani Argomulyo Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Produksi Gula Aren (Studi Kasus Praktik Pemberdayaan Kelompok Tani Di Dusun Gesing Desa Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang). Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd.,M.Si. Kata kunci: Kelompok Tani, Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat. Pengentasan kemiskinan hakekatnya adalah merubah perilaku yang dimulai dari merubah mindset individu dan masyarakat. Seperti halnya perubahan yang dilakukan oleh kelompok tani Argomulyo di Dusun Gesing Desa Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui produksi gula aren yang bergerak di bidang pertanian, dan perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui peran Kelompok Tani Argomulyo dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, 2) mengetahui implementasi kegiatan Kelompok Tani Argomulyo dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman berdasarkan pada metode yang menyelediki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Kesimpulan dalam penelitian ini terkait peran kelompok tani Argomulyo terdiri dari 2 hal: 1) peran kelompok tani Argonulyo sebagai wadah aspirasi atau musyawarah dimana kegiatan yang dilakukan berupa pertemuan rutin setiap 35 hari sekali, sebagai unit kerjasama dilakukan dengan pemerintah seperti perbaikan sarana pertanian, pendistribusian pupuk bersubsidi, pestisida maupun bibit, sebagai tempat terpelihara dan berkembangnya pengetahuan, ketrampilan serta gotong royong yang akan memfasilitasi kegiatan produksi bagi anggota-anggotanya, muli dari penyediaan input, proses produksi, pasca panen, sampai dengan pemasaran hasilnya. 2) implementasi kegiatan Kelompok Tani Argomulyo melalui strategi pemasaran. Strategi pemasaran berupa kemampuan SDM yang sudah mahir lebih dari 3 tahun dengan mempertahankan kemurnian gula aren. Faktor pendukungnya kesamaan pekerjaan dan tempat tinggal dimana mayoritas bekerja sebagai penderas gula aren disamping itu tinggal diwilayah yang sama, dan faktor penghambatnya adalah cuaca yang mempengaruhi jumlah produksi nira untuk pembuatan gula aren dimana saat musim hujan nira yang didapat banyak tetapi hasil gulanya sedikit. Yang lebih menguntungkan saat kemarau karena nira yang didapat lebih banyak. Untuk kelayakan pohon nira siap panen masyarakat harus menunggu selama 25 tahun.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2022 20:38
Last Modified: 14 Mar 2022 20:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item View Item