Upaya Guru Dalam Mengatasi Anak Hiperaktif Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas II Di Mi Nurul Huda Krandon Lor 02 Tahun Pelajaran 2021/2022

SETYANINGRUM, WULAN (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Anak Hiperaktif Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas II Di Mi Nurul Huda Krandon Lor 02 Tahun Pelajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Wulan Setyaningrum 23040170162 fix (Revisi).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Setyaningrum,Wulan.2021.Upaya Guru Mengatasi Anak Hiperaktif Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas II Di MI Nurul Huda Krandon Lor 02 Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro,M.Pd. Kata Kunci: upaya guru, pembelajaran IPA, anak hiperaktif Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mendiskripsikan kendala yang dialami guru dalam menangani anak hiperaktif. 2) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi anak hiperaktif. 3) dan untuk mengetahui keberhasilan guru dalam mengatasi anak hiperaktif pada saat pembelajaran IPA kelas II di MI Nurul Huda Krandon Lor 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kendala-kendala yang dialami guru dalam menangani anak hiperaktif adalah tidak bisa diam, mudah bosan, sulit berkonsentrasi, sulit bekerja sama dengan teman dan pengendalian emosi yang buruk. 2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi anak hiperaktif yaitu: menempatkan posisi duduk, membentuk formasi seperti letter U, memberikan reward dan tidak memberikan hukuman yang terlalu berat, menggunakan alat peraga, memberikan jam tambahan dan melakukan sosialisasi kepada orang tua. 3) Keberhasilan guru dalam proses pembelajaran siswa hiperaktif adalah setelah dilakukan penanganan siswa hiperaktif lebih tenang dan untuk meningkatkan prestasi akademik guru menerapkan pembelajaran tutor sebaya, siswa hiperaktif diberikan jam tambahan, tugas tambahan dengan memberikan pekerjaan rumah (PR) dan melakukan les.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:16
Last Modified: 23 Mar 2022 12:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13304

Actions (login required)

View Item View Item