Pengaruh Game Online dan Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Atas MI Ma'arif Sraten

AULIA, LILIKLAILATUL (2022) Pengaruh Game Online dan Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Atas MI Ma'arif Sraten. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi revisian terbaru lilik_edit_5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa kelas atas MI Ma’arif Sraten (2) Mengetahui pengaruh media sosial terhadap minat belajar siswa kelas atas MI Ma’arif Sraten (3) Mengetahui pengaruh game online dan media sosial terhadap minat belajar siswa kelas atas MI Ma’arif Sraten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi,analisis regresi dan anlisis jalur dengan menggunakan perhitunganSPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengaruh game online terhadap minat belajar sangat tinggi ditunjukan hasil analisis adanya korelasi dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan signifikan terhadap minat belajar dengan nilai t hitung lebih besar dibandingkan nilai t tabel yaitu 5,057 lebih dari 2,048. 2) Penggunaan media sosial pada siswa kelas atas cukup banyak, tetapi tidak begitu berpengaruh terhadap minat belajar siswa karena ditunjukkan dari hasil analisis yang tidak signifikan dengan nilai t hitung lebih kecil dibandingkan nilai t tabel yaitu 1,234 kurang dari 2,042 dan tidak adanya korelasi antara media sosial dengan minat belajar dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,228 lebih besar 0,05. 3) Pengaruh game online dan media sosial terhadap minat belajar siswa kelas atas (IV,V,VI) sebanyak 67,6% dan 32,4% dipengaruhi dari faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Dari game online dan media sosial yang paling berpengaruh adalah game online dengan signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t Hitung lebih besar dari t Tabel yaitu 5,057 lebih besar dari 2,048 dan nilai Sig lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000 kurang dari 0,05.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2022 21:21
Last Modified: 23 Mar 2022 21:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item