PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: KONSEP DAN APLIKASI

M.Si., Dr. IIyyan Muhsin, S. HI., (2022) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: KONSEP DAN APLIKASI. UNSPECIFIED.

[img] Text
_Pendidikan Multikultural Konsep Dan Aplikasi.pdf

Download (690kB)

Abstract

Pendidikan Islam pluralis-mulikultural adalah suatu pendidikan yang membuka visi pada cakrawala yang lebih luas, mampu melintas batas kelompok etnis atau tradisi budaya dan agama, sehingga kita mampu melihat “kemanusiaan” sebagai sebuah keluarga yang memiliki perbedaan maupun kesamaan cita-cita. Dengan demikian, pendidikan jenis ini menekankan pada pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama). Pengertian pendidikan semacam ini tentu mempunyai implikasi yang sangat luas. Karena pendidikan itu sendiri secara umum dipahami sebagai proses tanpa akhir atau proses sepanjang hayat. Pendidikan Islam pluralis-multikultural menghendaki penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia dari mana pun dia datangnya dan berbudaya apa pun dia. Harapannya adalah terciptanya kedamaian yang sejati, keamanan yang tidak dihantui kecemasan, dan kebahagiaan tanpa rekayasa.

Item Type: Book
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2022 06:14
Last Modified: 27 Mar 2022 06:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13332

Actions (login required)

View Item View Item