PEMILIHAN PENGURUS RUKUN TETANGGA DAN RUKUN WARGA DI DESA PAYAMAN KECAMATAN SOLOKURO KABUPATEN LAMONGAN (Tinjauan Yuridis Perda Nomor 3 Tahun 2018 TentangLembaga Kemasyarakatan Desa)

Muharror, Ali (2022) PEMILIHAN PENGURUS RUKUN TETANGGA DAN RUKUN WARGA DI DESA PAYAMAN KECAMATAN SOLOKURO KABUPATEN LAMONGAN (Tinjauan Yuridis Perda Nomor 3 Tahun 2018 TentangLembaga Kemasyarakatan Desa). [UNSPECIFIED]

[img] Text
bismillah Ali Muharror_33030170050. Revisi (Autosaved) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Lamongan mengeluarkan peraturan daerah Nomor 3 Tahun 2018 mengenai pembentukan RT dan RW untuk memenuhi upaya penyelenggaraan pelayanan terhadap masyarakat yang lebih baik serta optimal.Pentingnya peranan RT dan RW sehingga dibutuhkan sosok ketua yang berkualitas. Berdasarkan Peraturan daerah Kabupaten Lamongan Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan RT dan RW tersebut telah dijelaskan mekanisme pemilihan sebagai ketua RT dan RW yang terkandung dalam pasal 22 dan pasal 31.Desa Payaman membentuk ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga sebagian menggunakan sistem aklamasi (penunjukan) dari kepala desa dengan persetujuan masyarakat yang menimbulkan ketidak sesuaian masyarakat karena tidak bisa menjadi penyambung aspirasi dari masyarakat. Penelitian ini berfokus pada Bagaimana pemilihan pengurus RT dan RW di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan dan Bagaimana Tinjauan Perda nomor 3 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa terhadap pemilihan pengurus RT dan RW di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Penilitian ini merupakan jenis penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif yaitu suatu cara untuk menganalisis dari hasil penelitian yang telah menghasilkan suatu data deskriptif analisis..Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan skunder.Teknik pengumpulan dari penelitian yang dimaksud berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari data yang terkumpul dianalisis dan disajikan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanan Perda Nomor 3 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa yang tertuang dalam Pasal 21 ayat (1) dan 30 ayat (1) sudah diterapkan di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Adapun mekanisme pemilihan di desa payaman yang tertuang dalam pasal 22 ayat (1) dan Pasal 31 ayat (1) belum diterapkan di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2022 18:55
Last Modified: 29 Mar 2022 12:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

View Item View Item