Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas III MI Darul ‘Ulum Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Wijayanti, Sifa (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas III MI Darul ‘Ulum Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi sifa wijayanti 115-12-002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Darul ‘Ulum Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi ciri-ciri makhluk hidup menggunakan model pemebelajaran inquiry. Masalah yang dikaji adalah apakah model pembelajaran inquirydapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup di MI Darul ‘Ulum Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Sebab pembelajaran di MI Darul ‘Ulum Reksosari guru sebagai pemeran utama untuk menyampaikan materi dan siswa hanya mendengarkan, sehingga siswa kurang aktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Darul ‘Ulum Reksosari yang berjumlah 15 siswa yaitu 6 siswa laki-laki, dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, dan observasi dengan melihat perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran inquirydapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hiduppada siswa kelas III MI Darul ‘Ulum Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2016/2017 dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar kegiatan pra siklus ke siklus 1 yaitu 40% dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 33,34%. Pada kegiatan pra-siklus siswa yang mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau 13,33% dan yang belum mencapai KKM sebanyak 13 siswa atau 86,67%, dengan rata-rata kelas yaitu 36. Pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa atau 53,33%, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 7 siswa atau 46,67%, dengan rata-rata kelas 63. Pada siklus 2 siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 13 siswa atau 86,67% dan yang belum mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau13,33%, dengan rata-rata kelas 74.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2017 03:01
Last Modified: 22 Mar 2017 03:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item