Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Resitasi Pada Peserta Didik Kelas XII SMK Sultan Fattah Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017

Mahmudah, Mufidatul (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Resitasi Pada Peserta Didik Kelas XII SMK Sultan Fattah Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Mufidatul Mahmudah Skripsi 111-12-121.pdf

Download (5MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an bagian dari pendidikan agama Islam dan di sekolah mulai di tingkat dasar termasuk materi yang penting, disamping peserta didik diharapkan menjadi anak yang berbudi pekerti baik, rajin beribadah dan kuat imannya, maka tidak ada suatu alasan melainkan anak harus dimotivasi untuk membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode resitasi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik kelas XII SMK Sultan Fattah Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap siklus terdiri atas empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mengetahui penerapan metode resitasi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik kelas XII SMK Sultan Fattah Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode resitasi dalam pelajaran pendidikan agama Islam mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil yang diperoleh sebelum menggunakan metode resitasi hanya 8 peserta didik yang tuntas atau 30,76%, dan setelah menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membaca Al-Qur’an pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai KKM menjadi 16 peserta didik atau 61,53%, meningkat 8 peserta didik atau 30,76% dari kondisi awal. Kemudian pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai KKM menjadi 24 peserta didik atau 92,30% > 85% penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Sehingga dari data tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2017 03:07
Last Modified: 22 Mar 2017 03:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item