PENGEMBANGAN E- COMIC EDUCATION PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI GAYA DAN MANFAATNYA

Hanifah, Hindun (2022) PENGEMBANGAN E- COMIC EDUCATION PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI GAYA DAN MANFAATNYA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS HINDUN HANIFAH (12020190014).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran e- comic education Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Manfaatnya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gondosari Gebog Kudus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI NU Tsamrotul Wathon Gondosari Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE dengan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes. Uji skala terbatas dilakukan di kelas IV B dengan 10 siswa dan uji skala luas dilaksanakan di kelas IV A dengan jumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan pengembangan media e- comic education meliputi kebutuhan kelayakan pada tampilan tulisan, tampilan gambar, fungsi media e- comic education dan manfaat media e- comic education serta kelayakan pada aspek isi, aspek konstruksi dan aspek bahasa. (2) Pengembangan media e- comic education valid berdasarkan validasi ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. Kriteria kelayakan tampilan tulisan 62,5% (cukup layak), kelayakan gambar 72,5% (cukup layak), fungsi media e- comic education 91,6% (Sangat layak), manfaat media e- comic education 87,5%. Kriteria kelayakan aspek isi 83,92% (sanag layak), kelayakan pada aspek konstruksi 68,75% (Layak) dan dan kelayakan aspek bahasa 60%(Cukup layak). (3) Hasil pengembangan media e –comic education sangat efektif berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukan dengan meningkatnya hasil belajar kognitif dengan < α yaitu = 0,00< 0,005. Uji gain sebesar 0.467 berada pada katageri sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2022 20:45
Last Modified: 31 Mar 2022 20:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item