PROCEEDINGS INTERNATIONAL CONFERENCE ON INDONESIAN ISLAM, EDUCATION AND SCIENCE(ICIIES) 2017

MUBASIRUN, MUBASIRUN (2017) PROCEEDINGS INTERNATIONAL CONFERENCE ON INDONESIAN ISLAM, EDUCATION AND SCIENCE(ICIIES) 2017. In: INTERNATIONAL CONFERENCE.

[img] Text
Proceedings_International_Conference_on(2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dan di sekolah MAS Aisyiah motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Fiqih tergolong masih rendah. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas X MAS Aisyiyah Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih melalui model pembelajaran scramble di kelas X MAS Aisyiyah Medan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pupulasi penelitian adalah siswa MAS Aisyiah Medan dan Subjek penelitian ini terdiri dari 10 orang siswa dengan menggunakan teknik observasi. Adapun cara pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tindakan observasi dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan model pembelajaran scramble dapat menigkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini dapat diketahui dari hasil pra siklus 47,5%, pada siklus I 60% dan pada siklus II 82,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2022 09:21
Last Modified: 04 Apr 2022 09:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13384

Actions (login required)

View Item View Item