Kusumawardani, Zhendy (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan dengan Menggunakan Metode Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas 1 MI Nurul Ihsan Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa di MI Nurul Ihsan Kragilan pada saat pembelajaran Matematika. Hal ini terbukti dari hasil wawancara yang peneliti lakukan terhadap guru kelas 1 yang mengatakan hasil belajar matematika beberapa siswa masih berada di bawah KKM.Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya penggunaan metode-metode lain yang digunakan guru saat pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah penerapan metode pembelajaran permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada siswa kelas 1 MI Nurul Ihsan Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari: (1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya, (2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika matei operasi penjumlahan dan pengurangan (3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui metode pengumpulan data, instrument pengumpulan data dan lembar pengamatan, (4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Nurul Ihsan Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari laki-laki 10 siswa dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai rata-rata siswa dan katuntasan belajar pada saat pre test dan post test siklus I menunjukkan nilai rata-rata 60,74 dengan ketuntasan belajar 29,62% sedangkan nilai rata-rata post test 71,11 dengan ketuntasan belajar 48,14%. (2) nilai rata-rata siswa dan ketuntasan belajar pada saat pre test dan post test siklus II mengalami peningkatan, hal ini terbukti dari nilai rata-rata pre test 78,51 dengan ketuntasan belajar 66,66% sedangkan nilai rata-rata post test 92,59 dengan ketuntasan belajar 96,29 %. Pada saat penelitian siklus II kenaikan yang terjadi 8 siswa yang tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah metode permaian ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 MI Nurul Ihsan Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 03:52 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 03:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1340 |
Actions (login required)
View Item |