IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI MIT AL-BAROKAH TEGALWATON TAJUN 2021

LATIFAH, UMI (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI MIT AL-BAROKAH TEGALWATON TAJUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
(revisi) skripsi umi latifah 23040160171.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latifah, Umi. 2021. Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI MIT Al-Barokah Tegalwaton Tahun 2021. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd., Kata kunci : Implementasi, Daring, Bahasa Indonesia Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaranbahasa indonesia kelas VI MIT AlBarokah Tegalwaton tahun 2021.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI MIT Al-Barokah Tegalwaton, Untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi pada pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI MIT AL-Barokah Tegalwaton. serta untuk mengetahui cara mengatasi kendala pada pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pedoman observasi dan strudi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara display data, reduksi data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pebelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI di MIT Al-Barokah Tegalwaton sudah cukup efektif, dilihat dari media pembelajaran yang variatif. yakni dengan memanfaatkan Group Whatsapp untuk mengirim materi baik berupa foto, video, rekaman, dokumen, dan lain sebagaimnya. Proses pembelajaran mengacu pada RPP dan silabus. Sedangkan untuk evaluasi penilaian diambil dari hasil penilaian kinerja siswa. (2) kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI adalah kurangnya antusias dan tanggung jawab dari siswa terhadap pembelajaran maupun tugas, siswa mudah jenuh dan bosan, kurangnya fasilitas yang dimiliki wali murid/siswa dirumah dan beberapa orang tua kurang perhatian terhadap anak saat belajar. (3) cara mengatasi kendala pada pembelajaran daring yakni: bekerja sama dengan orangtua, guru sering memanfaatkan berbagai variasi media pembelajaran, tetap berupaya memaksimalkan pembelajaran daring dan tidak memberatkan wali murid, memberi quis sederhana untuk menarik antusias siswa, memberi reward untuk siswa yang pertama mengumpulkan tugas, sering mengingatkan tugas melalui WAG, ketika ada izin tatap muka maka sekolah menerapaknnya sesuai dengan protokol kesehatan dan bersikap fleksibel terhadap keadaan yang ada.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2022 18:02
Last Modified: 12 Apr 2022 13:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13408

Actions (login required)

View Item View Item