Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Uang dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidayah Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran

Laila, Najmul (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Uang dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidayah Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
kover.pdf

Download (6MB)

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar adalah Matematika. Matematika diajarakan di sekolah dasar bersifat deduktif dan objek kajiannya abstrak. Jika sifat matematika ini dikaitkan dengan taraf berfikir siswa sekolah dasar yang masih berada dalam taraf oprasional kongkrit, maka akan terjadi kesenjangan yang berakibat kegagalan dalam mempelajarinya kegagalan tersebut ditandai dengan rendahnya hasil belajar seperti yang dialami siswa kelas III MI Tukangan. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan model konvensional dalam pembelajarannya sehingga pemahaman siswa tentang konsep sangan lemah. Berdasarkan uraian diatas penulis berusaha meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Uang dikelas III MI Tukangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas III MI Tukangan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Pengambilan data melalui 1) Observasi, 2) Dokumentasi, dan 3) wawancara. Indikator keberhasilan yanf dicapai yaitu hasil tuntas belajar mencapai (nilai≥65) mencapai 85%. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I ketuntasan belajar baru mencapai rata-rata 52 dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 68 terdapat kenaikan nilai sebesar 16%. Pada siklus II nilai rata-rata 68 dan pada siklus III nilai rata-rata adalah 88 terdapat kenaikan nilai sebesar 20 atau (100%). Dari hasil penelitian tersebut dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika materi Uang dengan mengunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2017 04:17
Last Modified: 22 Mar 2017 04:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item