Nilai-nilai Pendidikan Ukhuwah dalam Novel Daun yang jatuh tak pernah membenci angin

Rofiah, N. Nafisatur (2016) Nilai-nilai Pendidikan Ukhuwah dalam Novel Daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Nilai-Nilai Pendidikan Ukhuwah Dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere L.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan ukhuwah sangat penting bagi manusia untuk membentuk solidaritas seseorang. Maraknya konflik yang bersumber pada masalah-masalah yang melahirkan perbedaan dapat membongkar bangunan kebersamaan. Padahal perbedaan seharusnya dapat melahirkan hikmah positif. Namun, dalam kenyataan perbedaan justru seringkali melahirkan hancurnya nilai ukhuwah, hanya karena ketidaksiapan untuk memahami cara berfikir, atau karena keengganan menerima perbedaan sebagai buah egoisme yang tidak sehat. Karenanya, perlu adanya kajian mengenai pendidikan ukhuwah yang mampu mengurangi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Nilai-nilai pendidikan ukhuwah (2) Karakter tokoh utama yang patut di teladani (3) Implikasi nilai-nilai pendidikan ukhuwah di kehidupan sehari-hari dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere-Liye. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library research), pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Data mengenai penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis (descriptive of analyze research), yakni menggunakan literatur dan teks sebagai objek utama untuk dideskriptifkan, diinterpretasi, lalu dianalisis dan kemudian disimpulkan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa nilai-nilai pendidikan ukhuwah dalam novel Daun yang jatuh tak pernah membenci angin karya Tere Liye adalah: (1) Ukhuwah ubudiyah; menjaga & menciptakan lingkungan dengan baik. Ukhuwah insaniyah (Basyariyah); menjaga silaturahim, ramah-tamah, bekerja sama. Ukhuwah Wathoniyyah wa an-nasab; kasih sayang, peduli, tolong menolong, saling menasehati. Ukhuwah fi din Al-Islam; berduka ketika orang lain berduka, berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim), mengingatkan dalam kebaikan, mendoakan orang lain. (2) Karakter tokoh utama yang patut di contoh yakni Tania; berbakti kepada orang tua, giat (pekerja keras), amanah , optimis. Danar; baik hati, ikhlas, sederhana, sopan santun. Ratna; sabar, pengertian, setia. (3) Implementasi nilai-nilai pendidikan ukhuwah yakni dapat menjadi gambaran dalam mendidik ukhuwah anak serta dapat menjadikan karya sastra sebagai media pendidikan khususnya dalam menghadapi kemajuan pengetahuan seperti sekarang ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2017 04:37
Last Modified: 22 Mar 2017 04:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item