RAMANDHANI, VIVIA ANGGIE (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
VIVIA ANGGIE RAMANDHANI 23060170097.pdf Download (6MB) |
Abstract
Ramandhani, Vivia, Anggie. 2021. Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, LKS, Inkuiri, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2021/2022, (2) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2021/2022, (3) mengetahui efektivitas penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII di SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperiment dan dengan desain penelitian adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal yang telah diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji Independent Sample T-test yang dihitung menggunakan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol 81 < kelas eksperimen 86. Hal tersebut dibuktikan melalui analisis uji hipotesis yaitu dengan uji t-tes (Independent Samples T-Test). Berdasarkan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai -thitung -2,046 < ttabel 2,024 dengan nilai signifikansi 0,048 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan LKS Berbasis Inkuiri efektif terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 11:08 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 10:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13425 |
Actions (login required)
View Item |