PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MEDIA ANDROID BERBASIS ETNOSAINS KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 13 SOLOKURO TAHUN AJARAN 2021/2022

ihsan, Muhammad (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MEDIA ANDROID BERBASIS ETNOSAINS KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 13 SOLOKURO TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Muhammad Ihsan 23060170049.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ihsan, Muhammad. 2021. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi klasifiaksi makhluk hidup menggunakan media android berbasis etnosains kelas VII MTs Muhammadiyah 13 Solokuro tahun ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: Klasifikasi Makhluk Hidup, Media Android, Etnosains Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup menggunakan media android berbasis etnosains pada kelas VII MTs Muhammadiyah 13 Solokuro tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Langkahlangkah PTK, yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas VII MTs Muhammadiyah 13 Solokuro yang berjumlah 18 siswa. Proses pembelajaran menggunakan media android berbasis etnosains, Media android berbasis etnosais digunakan siswa untuk membantu memahami materi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media android berbasis etnosains dapat meningkatkan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa VII MTs muhammadiyah 13 Solokuro pada materi klasifikasi makhluk hidup. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses kegiatan pembelajaran. Pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,72 dan ketuntasan klasikal sebesar 55%, 10 siswa dinyatakan tuntas dan 8 siswa dinyatakan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84,44 dan ketuntasan klasikal sebesar 90%, 16 siswa dinyatakan tuntas dan 2 siswa dinyatakan tidak tuntas. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 35%. Penelitian ini dapat dikatakan sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu KKM ≥ 70 dan ketuntasan klasikal yg diperoleh lebih dari 85% dari seluruh peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah 13 Solokuro pada siklus II, maka penelitian ini dikatakan berhasil dan siklus dihentikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2022 11:58
Last Modified: 18 Apr 2022 05:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item