“ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN IBN JAMA’AH (KAJIAN TERHADAP KITAB TADZKIRAT AL-SAMI’ WA AL-MUTAKALLIM FI ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM)”.

Wiyanto, Hastomo Kusumo (2022) “ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN IBN JAMA’AH (KAJIAN TERHADAP KITAB TADZKIRAT AL-SAMI’ WA AL-MUTAKALLIM FI ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM)”. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Hastomo Kusumo Wiyanto.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wiyanto, Hastomo Kusumo.2021. Etika Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Ibn Jama’ah ( Kajian terhadap Kitab Tadzkirah As-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-‘Alim Wa Muta’alim ) karya Ibnu Jama’ah. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah danIlmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Pemikiran Ibn Jama’ah, Etika Peserta Didik, Kitab Tadzkirah As-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-‘Alim Wa Muta’alim ) karya Ibnu Jama’ah. Di era globalisasi seperti saat ini, yang ditandai dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi telah banyak memberikan perubahan bagi kehidupan manusia.Atas dasar inilah penulis tertarik untuk mengungkap kembali pemikiran tentang etika peserta didik dari salah satu tokoh klasik yakni Ibn Jama’ah dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan pada masa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep etika peserta didik dalam proses pembelajaran dalam kitabnya “Tadzkirat al-Sami’ wa al-Mutakallim fi Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim” serta relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesiapada masa sekarang. Desain dan pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis isi, analisis deskriptif serta metode historis. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah Etika peserta didik dalam proses pembelajaran menurut Ibn Jama’ah terbagi ke dalam tiga kelompok yakni 1) etika terhadap diri sendiri, 2) etika terhadap guru dan 3) etika terhadap pelajaran. Pemikiran Ibn Jama’ah mengenai etika peserta didik masih sangat relevan dengan pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Apr 2022 16:54
Last Modified: 21 Apr 2022 16:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13445

Actions (login required)

View Item View Item