UTOMO, M. ADI (2022) Upaya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi ide pokok menggunakan metode mengajar sesama teman dan media cerita bergambar pada siswa kelas 5 MIM Blagung kecamatan simo kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Full text not available from this repository.Abstract
M. Adi Utomo. 2021. Upana Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Ide Pokok Menggunakan Metode Mengajar Sesama Teman dan Media Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas V MIM Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Ide Pokok, Metode Mengajar Sesama Teman dan Media Cerita Bergambar Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui metode mengajar sesama teman siswa kelas V MIM Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui metode media cerita bergambar siswa kelas V MIM Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui penerapan metode mengajar sesama teman dan media cerita bergambar dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MIM Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data setelah seluruh data dikumpulkan, selanjutnya data diolah dan dianalisis menggunakan bahasa yang logis dan mudah dipahami, sehingga hasil penelitian memiliki kontribusi cukup besar terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi ide pokok menggunakan metode mengajar sesama teman dan media cerita bergambar. Kesimpulan bahwa penerapan metode mengajar sesama teman dan media cerita bergambar terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MIM Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2020/2021. Hal ini terbukti : 1) Sebelum dilakukan penelitian tindakan (Pra siklus) dari 26 siswa kelas V MIM Blagung Kecamatan Simo peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia pada materi ide pokok menggunakan metode ceramah, siswa yang mendapat nilai kategori baik ada 5 atau 20%, kategori cukup ada 11 atau 42% dan kategori kurang 10 atau 38%. KKM Bahasa Indonesia 70, hasil penelitian pra siklus siswa yang sudah tuntas ada 9 siswa atau 35%, sedangkan prestasi di bawah KKM ada 17 siswa atau 65% dari jumlah siswa. 2) Siklus pertama hari pertama siswa yang tuntas ada 15 siswa atau 58% dan yang belum tuntas ada 11 siswa atau 42%. Sedangkan hari kedua siswa yang tuntas ada 18 siswa atau 69% dan yang belum tuntas ada 8 siswa atau 31%. 3) Penelitian tindakan kelas siklus kedua pada pertemuan 1 siswa yang tuntas ada 20 siswa atau 77% dan yang belum tuntas ada 6 siswa atau 23%. Sedangkan penelitian tindakan kelas hari ke dua siswa sudah tuntas ada 26 siswa atau 100%, sehingga penelitian dinyatakan selesai, sebab seluruh siswa sudah mendapat nilai di atas KKM.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 16:25 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 16:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13472 |
Actions (login required)
View Item |