WULANDARI, DEVITA AYU (2022) PENDIDIKAN MORAL DAN PENGEMBANGAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA DI MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi FIX Devita Ayu W. 23010170028.pdf Download (4MB) |
Abstract
Wulandari, Devita Ayu. 2021. “Pendidikan Moral dan Pengembangan Prestasi Akademik pada Siswa di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M. Pd. Kata Kunci: Pendidikan Moral, Pengembangan Prestasi Akademik, Siswa Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk megetahui strategi guru dalam melakukan pendidikan moral dan pengembangan prestasi akademik pada siswa di MAN Purworejo; 2) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran pada masa pandemi covid 19 guna menunjang pendidikan moral dan pengembanagn prestasi akademik pada siswa di MAN Purworejo; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan moral dan pengembangan prestasi akademik pada siswa di MAN Purworejo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Taknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi guru dalam melakukan pendidikan moral dan pengembangan prestasi akademik diantaranya pembiasaan tadarus dan membaca asmaul husna sebelum pembelajaran dimulai, sholat berjamaah dan memberikan suri tauladan sebagai contoh bagi siswa. Adapun pengembangan prestasi akademik pada siswa di MAN Purworejo diantaranya adalah inovasi metode pembelajaran, mengikutkan siswa lomba, mengundang guru dari luar dan mengadakan kelas unggulan. 2) kemampuan guru menggunakan teknologi adalah bapak ibu guru mengikuti bimtek daring, diklat daring, membaca buku yang dapat menambah kemampuan teknologi bapak ibu guru dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. 3) faktor pendukung SDM persiapan tim penggerak akhlakul karimah, kerja sama seluruh warga madrasah, tata tertib madrasah, pembelajaran tatap muka yang sudah 50% 50% sehingga karakter mulai terbangun, kelas unggulan, faktor keuangan dan e-learing yang membantu proses pembelajaran jarak jauh. Faktor penghambat kendala dari individu siswa, tidak melaksanakan tata tertib madrasah, pembiasaan di sekolah dan di madrasah tidak sama serta kurang nilai atau tidak sesuai dengan KKM.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 May 2022 02:15 |
Last Modified: | 08 May 2022 22:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13485 |
Actions (login required)
View Item |