IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SHOLAT JENAZAH BAGI SISWA PENYANDANG TUNANETRA DI SMALB WANTUWIRAWAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2015/2016

Karimah, Luthfia (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SHOLAT JENAZAH BAGI SISWA PENYANDANG TUNANETRA DI SMALB WANTUWIRAWAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
LUTHFIA KARIMAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siswa tunanetra merupakan anak yang mengalami hambatan pada indera penglihatanya. Walaupun telah diberi alat bantu khusus mereka masih memerlukan pendidikan khusus. Tujuan dari dipilihnya objek, judul dan topik dalam skripsi ini yaitu 1. Untuk mengetahui bagaimanakah implementasi pembelajaran sholat jenazah di SMALB Wantuwirawan Salatiga? 2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran sholat jenazah di SMALB Wantuwirawan Salatiga? 3. Dan solusi seperti apakah yang dilakukan oleh guru PAI dan kepala sekolah dalam implementasi pembelajaran sholat jenazah di SMALB Wantuwirawan Salatiga? Serta mengetahui bagaimana seorang guru dapat menyampaikan materi sholat jenazah dengan baik dengan penggunaan metode yang tepat sesuai dengan kondisi siswa tunanetra. Penelitian atas skripsi ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dari sumber data. Pihak yang di wawancarai antara lain: guru pendidikan agama Islam (PAI) SMALB Wantuwirawan Salatiga, kepala sekolah SMALB Wantuwirawan Salatiga, siswa-siswi SMALB Wantuwirawan Salatiga. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan mengarah kepada kesimpulan yaitu: 1. Implementasi pembelajaran sholat jenazah menggunakan kurikulum yang sama seperti sekolah menengah atas biasa pada umumnya yaitu dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi yang disertai perabaaan oleh guru, metode eksperimen atau praktek dan metode tanya jawab 2. Faktor pendukung lebih banyak dari guru yaitu pihak guru yang memiliki semangat untuk tetap memberikan materi pembelajaran sholat jenazah kepada siswa dengan berbagai kondisi siswa penyandang tunanetra yang memiliki kondisi psikologis sensitif. Respon yang kurang baik di sertai rasa takut menjadi faktor penghambat pembelajaran sholat jenazah 3. Memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya pembelajaran sholat jenazah menjadi sebuah solusi yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 02:37
Last Modified: 23 Mar 2017 02:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item