Kemampuan guru dalam menerapkan aplikasi E-learning madrasah sebagai media pembelajaran matematika di MAN 2 Magelang tahun pelajaran 2020/2021

, Fina Rizki Adrikni (2022) Kemampuan guru dalam menerapkan aplikasi E-learning madrasah sebagai media pembelajaran matematika di MAN 2 Magelang tahun pelajaran 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Fina Rizki Adrikni 23070170120 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan aplikasi e-learning madrasah sebagai media pembelajaran matematka di MAN 2 Magelang tahun pelajaran 2020/2021, 2) Apa saja aspek-aspek yang menghambat dan mendukung dalam menerapkan aplikasi e-learning madrasah sebagai media pembelajaran matematika di MAN 2 Magelang tahun pelajaran 2020/2021 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan datanya antaralain wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru matematika di MAN 2 Magelang. Analisis data dengan model Sugiyono terdapat tiga tahapan, yaitu redaksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Display data yang disajikan dalam teks bersifat deskriptif-analitik dan verifikasi atau penarikan kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan guru dalam menerapkan aplikasi e-learning madrasah sebagai media pembelajaran matematika di MAN 2 Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah kompetensi pedagogik dapat dilihat saat guru mempersiapkan perangkat pembelajaran dan mengelola pembelajaran dengan baik. Guru mampu bertindak reflektif demi mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dan mampu memanfaatkan Teknologi Infromasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri. Kesulitan guru dalam menerapkan aplikasi e-learning madrasah adalah dari siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi e-learning dan fasilitas dari sekolah yang kurang. Dari guru sendiri tidak ada kesulitan ketika menggunakan media pembelajaran, penggunaan bahan ajar dan strategi pembelajaran yang digunakan. Aspek-aspek penghambat guru dalam menerapkan aplikasi e-learning madrasahyaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dikarenakan paket internet dan jaringan yang terbatas. Aspek-aspek pendukungnya adalah media pembelajaran matematika adalah ketersediaan media dan fasilitas untuk guru MAN 2 Magelang yang sudah cukup untuk membantu guru dalam menyampaikan materi

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 May 2022 19:46
Last Modified: 19 May 2022 12:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item