Utami, Anisa Wahyu (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 3 MI DARUSSALAM BANCAK, KEC. BANCAK, KAB. SEMARANG. [UNSPECIFIED]
Text
ANISA WAHYU UTAMI 157 PGM SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Wahyu Utami, Anisa. 2021. Penerapan Strategi Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Tematik Siswa Kelas 3 MI Darussalam Bancak, Kec. Bancak, Kab. Semarang. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Strategi Pembelajaran Daring Siswa MI. Tujuan penelitian ini adalah; untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi pembelajaran daring, untuk mengetahui faktor pendukung minat belajar daring, dan untuk mengetahui faktor penghambat minat belajar daring siswa kelas 3 MI Darusaalam Bancak. Jenis penelitian skripsi ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dengan guru dan siswa kelas 3 MI Darussalam Bancak. Kemudian untuk data sekunder untuk memperkuat penemuan informasi yang telah dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan pihak-pihak terkait dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan mereduksi data dibantu dengan peralatan elektronik, kemudian penyajian data dalam bentuk uraian singkat, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru antaralain; ekspoitori yakni menekankan pada tutur kata atau bercerita, strategi kontekstual (CTL) yakni menekankan pada keterlibatan siswa serta mengaitkan dengan kegidupan nyata, dan strategi inkuiry lebih menekankan kepada sisw untuk mencari dan menemukan jawaban mereka sendiri dari materi yang diajarkan guru. Kemudian Factor pendukung minat belajar daring pada pelajaran tematik terdapat Faktor internal factor yang ada didalam diri siswa itu sendiri, dari segi takut ketinggalan pelajaran atau jika tidak naik kelas, sedangkan factor eksternal dari luar lingkungan siswa, dari segi guru yang melakukan kerja sama dengan orang tua siswa, sarana dan prasarana ynag dibutuhkan oleh siswa seperti handphoe dari orangtua, laptop atau kuota sarana dari sekolah. Selain itu guru juga selalu memberikan motivasi berupa pujian-pujian dan juga hadiah. Sedangkan Faktor penghambat minat belajar daring pada pelajaran tematik yaitu fasilitas untuk menunjang pembelajaran daring, perekonomian orangtua terhadap penggunaan paket data, jangkauan jaringan internet yang masih belum stabil, karena pada daerah tertentu susah sinyal. Guru juga masih belum menguasai teknologi.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 May 2022 17:16 |
Last Modified: | 20 May 2022 12:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13523 |
Actions (login required)
View Item |