PRIHANDINI, INDAH (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS V MI DARUSSALAM BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Indah Prihandini 23040170012.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Prihandini, Indah. 2021. Hubungan Antara Motivasi Dan Minat Dengan Prestasi Belajar Matematika Masa Pandemi pada Siswa Kelas V Mi Darussalam Bancak Kabupaten. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Minat, dan Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui motivasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022, (2) Mengetahui minat belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022, (3) Mengetahui prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022, (4) Mengetahui hubungan motivasi dengan prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022, (5) Mengetahui hubungan minat dengan prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022, (6) Mengetahui hubungan motivasi dan minat dengan prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan korelasi ganda dengan menggunakan perhitungan Ms. Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam bancak umumnya berada pada kategori tinggi (66,67%) dan kategori sedang (33,33%). (2) Minat belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam bancak umumnya berada pada kategori tinggi (60%) dan kategori sedang (40%). (3) Prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam bancak umumnya berada pada kategori tinggi (66,67%) dan kategori sedang (33,33). (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak. Semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa yang didapat. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai r hitung > r tabel (0,98872<0,361), dan t hitung (34,9309) lebih besar dari pada harga t tabel (2,048). (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak. Semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa yang didapat. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai r hitung > r tabel (0,98873>0,361) dan t hitung (34,9534) lebih besar dari pada harga t tabel (2,048), (6) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan minat dengan prestasi belajar matematika masa pandemi pada siswa kelas V MI Darussalam Bancak. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai dan nilai Fh = 644,329 dengan taraf kesalahan 5% (3,35), nilai Fh > Ft (644,329 > 3,35), dan garis regresi Y = 59,50 + 0,10X1 + 0,07X2.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 May 2022 17:25 |
Last Modified: | 20 May 2022 17:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13524 |
Actions (login required)
View Item |