DESKRIPSI PENGEMBANGAN KEBERANIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP DI RA MUSLIMAT NU BANYUKUNING TAHUN 2020/2021

FADHILAH, NUR LAELA (2022) DESKRIPSI PENGEMBANGAN KEBERANIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP DI RA MUSLIMAT NU BANYUKUNING TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Nur Laela Fadhilah (PIAUD).pdf

Download (2MB)

Abstract

Fadhilah, Nur Laela. 202. Deskripsi Pengembangan Keberanian Anak Usia 4-5 Tahun Dalam Aktifitas Pembelajaran Dengan Metode Bercakap-cakap Di RA Muslimat NU Banyukuning Tahun 2020-2021. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci : Deskripsi, Pengembangan Keberanian, Aktivitas Pembelajaran, Metode Bercakap-cakap Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan keberanian anak usia 4-5 tahun dalam aktifitas pembelajaran dengan metode bercakap-cakap di RA Muslimat NU Banyukuning tahun 2020/2021 yang diulas menggunakan teori-teori deskripsi, pengembangan keberanian, aktifitas pembelajaran dan teori metode bercakap-cakap. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan penerapan metode bercakap-cakap dalam pengembangan keberanian anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU Banyukuning tahun 2020/2021. 2. Untuk mengetahui bentuk pengembangan keberanian menggunakan metode bercakap-cakap dalam aktifitas belajar anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU Banyukuning tahun 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Sumber data primer meliputi pengamatan dan wawancara kepada Pendidik dan Tenaga pendidik di RA Muslimat NU Banyukuning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bercakap-cakap dalam pengembangan keberanian anak usia 4-5 tahun merupakan salah satu metode yang cocok diterapkan, karena metode bercakap-cakap lebih efektif dalam menstimulus perkembangan keberanian anak. Dalam aktifitas belajar dengan menggunakan metode bercakap-cakap juga sangat efisian karena metode tersebut dapat mendorong keaktifan anak dalam bertanya atau berpendapat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 May 2022 15:11
Last Modified: 30 May 2022 08:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item