Nilai-Nilai Pendidikan Sosial dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka

Purwanti, Lia Dwi (2016) Nilai-Nilai Pendidikan Sosial dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Lia Dwi Purwanti 111-12-131.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia akhir-akhir ini lebih menekankan aspek intelektual saja. Kepandaian otak ternyata belum cukup untuk membantu anak didik menjadi manusia yang lebih utuh, bahkan bagi beberapa siswa kepandaian otak malah membantu siswa berperilaku yang merugikan orang lain. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadakahnilai-nilaipendidikansosial yang terdapatdalam novel TenggelamnyaKapal Van Der WijckkaryaHamka.Pertanyaanutama yang ingindijawabmelaluipenelitian iniadalah : (1). Bagaimanakahnilai-nilaipendidikansosial yang terkandungdalam novel TenggelamnyaKapal Van Der WijckkaryaHamka.(2). Bagaimanakahkaraktertokohutama yang patutditeladanidalam novel TenggelamnyaKapal Van Der Wijck karya Hamka.(3).Bagaimanakahimplikasinilai-nilaipendidikansosial yang terkandungdalam novel TenggelamnyaKapal Van Der WijckkaryaHamkapadaPAI. Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), sedangkan metode yang digunakanadalah metode deskriptif analisis (descriptive of analyze research). Pendekatan yang digunakandalampenelitianini adalah pendekatan karya sastra, yaitu pendekatan pragmatik. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data yang digunakandalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Temuanpenelitianinimenunjukkanbahwa: (1) Nilai-nilaiPendidikansosial yang terkandungdalam novel TenggelamnyaKapal Van Der Wijckdiantaranya: Nilaipendidikankasihsayang, tanggungjawab, dankeserasianhidup. (2) karaktertokohutama yang patutditeladani diantaranya: SikapdanperilakudalamhubungannyadenganTuhan, dengandirisendiri, keluarga, masyarakatdanbangsa, alamsekitar. (3) implikasipendidikansosialdalamnovel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka pada PAI memberikan kontribusi yang positif terhadap Pendidikan Agama Islam. Karena bentuk pendidikan sosial dalam novel itu meliputi, kerjasaama, kepedulian, toleransi, kekeluargaan, musyawarah, rasa empati, dan tolong menolong menjadi bagian dari ajaran islam. Novel ini memiliki nilai edukasi sehingga pembaca diajak untuk meresapi dan mengambil nilai yang terkandung termasuk sosial. Sehingga mampu membuka pikiran pembaca dan mengimplementasikan dalam Pendidikan Agama Islam. Dengan begitu akan menjadikan kita pribadi yang berkarakter dan akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2017 05:17
Last Modified: 27 Mar 2017 05:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item