PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI KB FARROS SOPHIA DESA KALIKURMO KECAMATAN BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Khoiron, Ariij Sophia (2022) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI KB FARROS SOPHIA DESA KALIKURMO KECAMATAN BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ARIIJ SOPHIA KHOIRON 11614019 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Khoiron, Ariij Sophia. 2021. Pengembangan Ketrampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Kelompok B Di KB Farros Sophia Desa Kalikurmo Kecamatan Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Imam Mas Arum, S.Pd,.M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Ketrampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan berbicara melalui metode bercerita dengan boneka tangan pada anak KB Farros Sophia Desa Kalikurmo Kecamatan Bringin. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah melelui metode bercerita dengan boneka tangan dapat mengembangkan keterampilan berbicara pada kelompok B di KB Farros Sophia Desa Kalikurmo Kecamatan Bringin Tahun Pelajaran 2020/2021? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dapat dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan sisiwa kelompok B KB Farros Sophia Desa Kalikurmo. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah pengamatan, dokumentasi dan tes buatan peneliti. Analisi data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketentuan Klasikal. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat mengembangkan keterampilan berbicara anak kelompok B di KB Farros Sophia Desa Kalikurmo Kecamatan Bringin tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh presentase sebesar 61 % dari pembelajaran menggunakan boneka tangan dan pada siklus II diperoleh presentase sebanyak 90% dari bermain boneka tangan dengan panggung boneka. Perkembangan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 29 %. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode boneka tangan dapat meningkatkan ketrampilan berbicara kelompok B di KB Farros Sophia Desa Kalikurmo Kecamatan Bringin .

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 16:42
Last Modified: 13 Jun 2022 16:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item