Pemanfaatan Facebook sebagai Media Dakwah Ojek Online (Studi Kasus Group Grab Semarang Bersatu )

Rochman, Moh Dwian Nur (2022) Pemanfaatan Facebook sebagai Media Dakwah Ojek Online (Studi Kasus Group Grab Semarang Bersatu ). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Moh Dwian Nur Rochman 43010170037 Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan Facebook sebagai Media Dakwah oleh Ojol (khususnya Grop Grab Semarang Bersatu). Tujuan Penelitian adalah : 1). Untuk mengetahui Bentuk Pemanfaatan facebook sengai sarana dakwah antar anggota Ojol melalui group Grab Semarang Bersatu. 2) Untuk mengetahui model adakwah yang dilakukan anggota ojol dalam group Grab Smearang Bersatu. 3). Untuk mengetahui peran anggota group Grab Semarang Bersatu dalam melakukan aktivitas seruan dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Sumber data diperoleh melalui anggota yang bergabung di group tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancra secara tidak langsung dengan menggunakan via whatsapp guna memperoleh dan menggali data secara jelas dan kongkret mengenai kegiatan yang dakwah atau penyampaian pesan kebaikan oleh anggota group Grab Semarang Bersatu. Hasil penelitian disimpulkan : 1. bentuk pemanfataan media facebbok sebagai media dakwah antar anggota group Grab Semarang Bersatu grab yang ada yaitu sebagai media hiburan, mempengaruuhi massa, dan menyiarkan Informasi. Anggota Grop Grab Semarag Bersatu menjadikan facebook sebagai media berbagi informasi dakwah ke anggota yang lainnya. Guna sebagai pengingat untuk selalu berbuat kebaikan ke sesama. 2. Model dakwah yang dilakukan di dalam group Grab Semarang Bersatu yaitu dakwah bil al-hal dan dakwah bil al-qalam. Dimana si pengrirm pesan kebaikan terlebih dahulu melakukan perbuatan nyata lalu di dokumentasikan berupa foto dan vidio lalu dijadiakan bahan untuk menyampaikan pesan kebaikan ke dalam group. 3. Peran anggota grop melakukan aktivitas di dalam group Grab Semarang Bersatu dapat dilihat dari beberapa factor diantaranya: Seberapa sering anggota dalam mengunjungi group tersebut, terjadinya bertukar pikiran antar anggita dalam kolom komentar postingan sehingga adanya feedback dari pembaca ke pengirim pesan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:02
Last Modified: 15 Jun 2022 13:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item