Sidiq, Akhmad Tegar (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Pluralisme Agama di SMK Negeri 03 Salatiga. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI AKHMAD TEGAR SIDIQ (111 11 163) JURUSAN PAI FTIK IAIN SALATIGA 2016.pdf Download (3MB) |
Abstract
Usaha pengaktualisasian nilai-nilai kemanusiaan yang dikembangkan di SMK Negeri 03 Salatiga relatif sama dengan lembaga pendidikan umum lainnya, yaitu dengan menambahkan muatan kurikulum kelompok mata pelajaran estetika, dan belum diarahkan sepenuhnya pada pembentukan pribadi peserta didik yang pluralis. Peserta didik hanya dididik dan diarahkan untuk dapat saling menghormati, sementara mereka tidak memahami secara mendalam akan arti nilai saling menghormati terebut. Tidak salah jika mereka terkadang saling menghargai, tapi ketika mendengar isu-isu yang tak bertanggung jawab, mereka juga dapat bertindak anarkis, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Hal inilah yang mungkin belum disadari oleh lembaga pendidikan secara umum, sehingga sampai saat ini lembaga pendidikan selalu menjadi sorotan ketika terjadi berbagai fenomena tindak kekerasan di masyarakat. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik dan tergugah untuk melakukan penelitian tentang proses penanaman nilai-nilai pluralisme agama yang terdapat pada lembaga pendidikan umum, dalam hal ini SMK Negeri 03 Salatiga, dengan harapan dapat mengungkap nilai-nilai di balik realita pluralisme agama di sekolah tersebut. Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Apa saja nilai-nilai pluralisme agama yang terdapat di SMK Negeri 03 Salatiga?, 2) Upaya apa yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama di SMK Negeri 03 Salatiga? dan 3) Apakah pengaktualisasian nilai-nilai pluralisme agama oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) dapat mewujudkan harmoni keberagamaan di SMK Negeri 03 Salatiga? Metode yang digunakan dalam penelitian ini, sebagai berikut : pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif. Instrumen penelitian peneliti sebagai instrumen sekaligus pengumpul data yang bertindak sebagai participant observation (pengamat berperan aktif), maka kehadiran peneliti sangat penting untuk mengadakan penyesuaian diri dengan hal-hal yang terjadi di lapangan. Sumber data primer diperoleh dari wawancara Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum dan para guru PAI di SMK Negeri 03 Salatiga. Sumber data sekunder yang dapat diperoleh dari data-data yang berhubungan dengan pengaktualisasian pluralisme agama di kalangan sekolah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, secara prosedural data yang diperoleh dengan mengoptimalkan metode penelitian yang digunakan, yang kemudian direduksi, disajikan, disimpulkan, dan diverifikasikan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, di SMK Negeri 03 Salatiga terdapat nilai-nilai pluralisme agama yang meliputi: 1) saling menghargai (esteeming each other), 2) saling menghormati (respecting each other), 3) tidak membeda-bedakan dalam pemberian hak kepada setiap individu, 4) tidak saling menjatuhkan (do not affronting each other) dan 5) mengakui keragaman agama sebagai bentuk sunnatullah. Kedua, upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama di SMK Negeri 03 Salatiga di antaranya dengan: 1) melakukan pengembangan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan cara mengembangkan silabus, 2) memberi kepahaman kepada siswa akan arti pluralisme agama secara mendalam melalui pelajaran agama Islam yang didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits, 3) memberikan batasanbatasan secara jelas akan nilai-nilai pluralisme yang boleh diterapkan dan yang tidak harus diterapkan, 4) melakukan bimbingan-bimbingan keagamaan di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas, 5) mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama kepada siswa dengan cara menjadi suri tauladan yang baik dan 6) ikut serta dalam mensukseskan pendidikan nilai yang digalakkan oleh sekolah. Ketiga, SMK Negeri 03 Salatiga telah mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama dalam kehidupan masyarakat sekolah. Hal ini dapat dilihat dari terwujudnya harmoni keberagamaan di dalamnya yang meliputi dari: 1) toleransi (tolerance), 2) kerukunan (reconciliation), damai dan dinamis (peacefulness) dan 3) rasa kebersamaan (togetherness) dan solidaritas (social solidarity).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 08:15 |
Last Modified: | 27 Mar 2017 08:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1362 |
Actions (login required)
View Item |