Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernafasan pada Manusia Melalui Metode Demontrasi pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun Ajaran 2016/ 2017

Rohim, Luqman Fatur (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernafasan pada Manusia Melalui Metode Demontrasi pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun Ajaran 2016/ 2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Luqman Fathur Rohim.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Pulutan Salatiga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi alat pernafasan pada manusia dengan metode demontrasi. Masalah utama yang ingin di jawab dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode demontrasi dalam pembelajaran IPA materi alat pernafasan pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Pulutan Salatiga tahun pelajaran 2016/2017?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan 2 siklus. Setiap siklusnya meruapakan rangkaian merencanakan kegiatan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Pulutan Salatiga tahun pelajaran 2016/ 2017 dengan jumlah 28 siswa, 14 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi alat pernafasan pada manusia melalui metode Demontrasi. Dapat dilihat dari siklus I sebesar 60,7% menjadi 89,2% ≥ 85% pada siklus II. Untuk skor rata-rata siklus I sebesar 67,8 menjadi 80 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2017 08:31
Last Modified: 27 Mar 2017 08:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item