Romadlon, Muhammad Syaiful (2022) PENANAMAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL DAN DISIPLIN BERIBADAH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL FALAH SALATIGA TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Skripsi. Muhammad Syaiful Romadlon 23010170135.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan ada penanaman sikap kepedulian sosial dan disiplin beribadah pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah Salatiga tahun 2021. Bersikap untuk selalu peduli sudah mulai ditanamkan kepada santri sejak mulai masuk pondok. Baik peduli pada diri sendiri, orang lain, maupun peduli terhadap hal-hal yang berada disekelilingnya. Dimulai dari bangun tidur, sampai menjelang tidur lagi, semuanya dibiasakan untuk peduli dan disiplin. (1) Cara yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah Salatiga dalam menanamkan sikap kepedulian sosial dan disiplin beribadah pada santri diantaranya ialah dengan menerapkan kewajiban melaksanakan sholat jamaah lima waktu, menerapkan 3B dan 5S, ro’an, apel, takror/belajar malam, kumpul konsulat, arahan dan pengenalan kebiasaan pondok kepada santri melalui kegiatan MPLS dan MPLPP. (2) Sifat malas dan acuh tak acuh santri, latar belakang yang berbeda-beda, belum memahami pentingnya sikap peduli dan disiplin, sikap buruk teman, masih perlunya ditunggui dan diawasi. (3) Menumbuhkan kesadaran diri santri, memberi arahan dan teladan baik Pengasuh, Dewan Asatidz maupun Pengurus, kerjasama dengan walisantri untuk memberikan arahan dan motivasi bagi putra putrinya, teladan peduli oleh kelas senior/kakak kelas, teman yang peduli dan disiplin, memberikan reward dan punishment.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 20:52 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 20:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13677 |
Actions (login required)
View Item |