JANNAH, AZIZAH MIFTAKHUL (2022) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA KAIN LURIK KHAS KLATEN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Azizah Miftakhul Jannah (23070180043) Tadris Matematika S1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep matematika yang terdapat pada pola atau motif lurik khas Klaten, dan mengetahui serta memahami kejelasan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu dengan observasi dan wawancara dengan pemilik industri lurik, dan untuk data sekunder berasal dari buku, jurnal/artikel, dan foto yang berkaitan dengan tema penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) konsep matematika yang terkandung pada pola atau motif lurik khas Klaten dalam pokok bahasan transformasi geometri yakni terlihat adanya konsep refleksi, konsep rotasi, dan konsep translasi. Motif yang terdapat pada konsep refleksi meliputi: motif tumbar pecah, motif kembang gedhang, motif gradasi, motif kawung sigrak, motif polkadot, motif abstrak, dan motif kupu-kupu. Motif yang terdapat pada konsep rotasi meliputi: motif gradasi, motif kopi pecah, motif sindhu melathi, motif kawung sigrak, dan motif polkadot. Motif yang terdapat pada konsep translasi meliputi: motif hujan gerimis (dom kecer), motif lupat (telu papat), motif tumbar pecah, motif kembang gedhang, motif gradasi, motif kopi pecah, motif sindhu melathi, motif kawung sigrak, motif lereng lurik, motif polkadot, motif abstrak, motif kupu-kupu, dan motif bunga sepatu. Dan pada pola atau motif lurik khas Klaten tidak terkandung konsep dilatasi. 2) berdasarkan hasil analisis aspek matematika yang terkandung pada pola atau motif kain lurik khas Klaten diketahui bahwa motif lurik khas Klaten dapat diimplikasikan pada pembelajaran matematika khususnya jenjang SMP/MTs kelas IX pada pokok bahasan transformasi geometri yang dapat dikembangkan menjadi suatu konteks permasalahan pembelajaran siswa di sekolah. Hasil penelitian ini juga memiliki beberapa manfaat bagi pembelajaran matematika, selain dapat digunakan untuk mengembangkan permasalahan kontekstual, juga dapat digunakan sebagai contoh penerapan konsep matematika dalam kehidupan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 22:16 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 22:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13682 |
Actions (login required)
View Item |