atikah, umdzatul (2022) MODEL POLA ASUH ORANG TUA DA LAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL ANAK DUSUN PLATARAN DESA GOGODALEM KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Umdzatul Atikah 23040170131.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pola asuh yang dilakukan orang tua untuk anaknya di Dusun Plataran yang dimana model pola asuh ini sebagai penunjang keberhasilan terhadap orang tua dalam membentuk perilaku sosial anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini dilakukan untuk mengetahui model pola asuh orang tua yang sesuai untuk membentuk perilaku sosial anak. pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu penyajian dalam bentuk tulisam dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa model pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku sosial anak sudah terlaksana. Pola asuh yang digunakan orang tua di Dusun Plataran lebih dominan pada pola asuh demokratis ada juga menggunakan pola asuh otoriter. Faktor pendukung ada dua yaitu faktor internal diantaranya lingkungan keluarga, pendirian anak. faktor eksternal yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Adapun faktor penghambatnya ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal yaitu diri anak, keadaan ekonomi keluarga. Faktor eksternal adalah lingkungan yang kurang baik dan kemajuan teknologi.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 17:20 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 17:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13689 |
Actions (login required)
View Item |