NURMALINA, UMI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SALAT JAMAK DAN QASAR DENGAN METODE SNOWBALL THROWING DAN DRILL PADA SISWA KELAS VII C MTS MUHAMMADIYAH KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
UMI NURMALINA 23010180011 fix.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Snowball Throwing dan Drill dapat meningkatkan hasil belajar Fikih materi salat jamak dan qasar pada siswa kelas VII C MTs Muhammadiyah Karangkobar Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2021/20222. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Muhammadiyah Karangkobar Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari 23 siswa yaitu 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (tes tertulis), observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan antara perolehan skor nilai siswa setiap siklusnya dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75 (Nilai KKM yang berlaku di MTs Muhammadiyah Karangkobar Kabupaten Banjarnegara) dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal dalam penelitian. Berdasarkan hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing dan Drill dapat meningkatkan hasil belajar Fikih materi salat jamak dan qasar pada siswa kelas VII C MTs Muhammadiyah Karangkobar Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2021/2022. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya data pra siklus sebelum diterapkannya metode Snowball Throwing dan Drill dalam pembelajaran. Data pra siklus menunjukkan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM sebanyak 4 siswa dari 23 siswa atau 13,91%. Nilai tersebut mengalami peningkatan pada siklus I setelah diterapkannya metode Snowball Throwing dalam pembelajaran terdapat 14 dari 23 siswa yang nilainya memenuhi KKM 48,73%. Hasil belajar siswa pada siklus II dengan metode Drill mengalami peningkatan dari 23 siswa kelas VII C terdapat 22 siswa yang mencapai nilai KKM atau 85,69%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas keberhasilan Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 15:54 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 16:36 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13697 |
Actions (login required)
View Item |