PEMBINAAN KEPRIBADIAN ISLAMI DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT MIFTAHUL ULUM UNGARAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

, SALMA AIDA NUR HANIFAH (2022) PEMBINAAN KEPRIBADIAN ISLAMI DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT MIFTAHUL ULUM UNGARAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SALMA AIDA NUR HANIFAH PAI 23010170229.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hanifah, Salma Aida Nur. 2021. “Pembinaan Kepribadian Islami dan Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa Kelas VIII di SMPIT Miftahul Ulum Ungaran Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun 2021” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M. Pd. I Kata Kunci: Pembinaan, Kepribadian Islami, Kedisiplinan Beribadah, Siswa Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengatahui bentuk-bentuk Pembinaan Kepribadian Islami dan Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa Kelas VIII di SMPIT Miftahul Ulum Ungaran. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Pembinaan Kepribadian Islami dan Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa Kelas VIII. 3). Untuk mengetahui hasil Pembinaan Kepribadian Islami dan Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa Kelas VIII Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII, Guru Pembina, dan Kegiatan Pembinaan yang dilakukan sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bentuk-bentuk Pembinaan Kepribadian Islami dan Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa Kelas VIII di SMPIT Miftahul Ulum Ungaran Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun 2021, antara lain: membaca al- Qur’an, dzikir pagi, mengaji Ta’lim Muta’alim melaksanakan sholat sunnah dan sholat wajib berjama’ah. (2) Faktor pendukung pembinaan kepribadian islami dan kedisiplinan beribadah pada siswa kelas VIII adalah: dalam diri siswa sendiri yang mau belajar dengan sungguh-sungguh dan mau mengikuti peraturan serta menjalankan setiap kegiatan yang telah di tentukan, dari keluarga yang mendukung anaknya untuk belajar dan mengikuti semua peraturan yang ada, dari lingkungan yaitu teman-teman sebaya yang saling mendukung satu sama lain untuk belajar bersama, dari guru yang selalu memberikan motivasi dan sabar dalam membina anak-anak agar menjadi anak yang lebih baik lagi. Faktor penghambat: dari siswa sendiri yang masih beradabtasi dengan lingkungan dan temannya sehingga masih terpengaruh dengan teman untuk bertindak tidak baik dan melanggar peraturan yang ada. (3) Hasil dari pembinaan kepribadian islami bagi siswa kelas VIII sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari segi sikap atau perilakunya setiap hari, mereka lebih mawas diri agar tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama, selain itu mereka juga lebih bisa membaca al-Qur’an, dan terbiasa untuk melakukan dzikir pagi. Hasil pembinaan kedisiplinan beribadah bagi siswa kelas VIII sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari segi kedisiplinan siswa untuk melaksanakan sholat jama’ah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:10
Last Modified: 28 Jun 2022 21:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13705

Actions (login required)

View Item View Item