Susapti, Peni (2022) Pengembangan Higher Order Thingking Skill (HOTS). UNSPECIFIED.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD), kualitas pendidikan di Indonesia berada di peringkat 57 dari 65 negara (OECD, 2016; Rahmansyah, 2017). Pada Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) siswa Indonesia menunjukkan hasil yang rendah (Ariyana, dkk. 2018:2). Hal ini menunjukkan bahwa capaian siswa Indonesia dalam kompetisi tingkat internasional masih tergolong rendah. Rendahnya peringkat pendidikan tersebut sudah tentu akan berdampak pada kualitas pendidikan di negeri ini. Banyak pihak perlu berpartisipasi aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu faktor yang disinyalir menjadi penyebab rendahnya hasil pendidikan di Indonesia adalah pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang berjalan selama ini baru sampai pada pengembangan berpikir tingkat rendah/lower order thinking skills (LOTS). Sebagaimana dikemukakan Kusuma, dkk (2017: 26), menyatakan bahwa sebagian besar siswa Indonesia masih memiliki kemampuan yang rendah, jika dilihat dari aspek kognitif. Prestasi siswa cenderung sangat menurun pada aspek kognitif sehingga kemampuan siswa perlu ditingkatkan, terutama aspek penalaran dengan mengajari siswa untuk mengembangkan pemikiran tingkat tinggi.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 21:05 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 21:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13714 |
Actions (login required)
View Item |