Kurniawati, Wulan (2022) INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS ISLAM DAN CINTA DAMAI PADA SISWA SMA NEGERI 1 GRABAG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
WULAN KURNIAWATI 23010180253.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi karakter religius islam dan cinta damai pada siswa SMA Negeri 1 Grabag dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat internalisasi karakter religius islam dan cinta damai pada siswa SMA Negeri 1 Grabag. Serta untuk mendeskripsikan dampak internalisasi karakter religius islam dan cinta damai pada siswa SMA Negeri 1 Grabag. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru PAI dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi karakter religius islam dan cinta damai di siswa SMA Negeri 1 Grabag melalui strategi internalisasi keteladanan yaitu pemberian contoh oleh guru, melalui pembiasaan sehari-hari berupa sholat berjamaah, asmaul husna, tadarus dan doa bersama, 3S (senyum, sapa, salam), infak dan berakhlak baik dengan warga sekolah, mengambil makna melalui pelajaran PAI dan ekstrakurikuler (Rohis, Pramuka dan PKS), melalui pemberian nasihat (pembelajaran, BK dan kultum), melalui kedisiplinan dengan ditegakkannya aturan dan sanksi pelanggaran. Karakter religius yang diinternalisasikan yaitu taat kepada Allah, bekerja keras, tekun, ulet, amanah ikhlas, kedisiplinan dan ahlak (sabar, jujur, menepati janji, rendah hati, malu berbuat salah, berhati lembut, ramah, peduli, santun dan peduli). Sedangkan karakter cinta damai yang diinternalisasikan saling menghormati dan toleransi, saling menyayangi dan mencintai, saling mengayomi, saling menghargai. Faktor pendukung internalisasi karakter religius islam dan cinta damai berasal dari diri sendiri, dukungan dari keluarga, pergaulan dan lingkungan yang baik, adanya sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran, pengaruh pergaulan siswa, adanya kemajuan teknologi yang berpengaruh negatif, tidak ada dukungan dari orang tua murid di rumah. Dampak internalisasi karakter religius islam dan cinta damai yaitu memberikan dampak positif, yaitu siswa menjadi lebih taat dalam beribadah, siswa memiliki perilaku yang baik (tidak adanya perkelahian antara siswa serta adanya rasa toleransi, menyayangi dan mengayomi), dampak selanjutnya yaitu menjadikan suatu persaingan yang kompetitif di sekolah.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 16:13 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 09:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13722 |
Actions (login required)
View Item |