PENANAMAN NILAI-NILAI KE-NU-AN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) MA'ARIF PULUTAN PADA MASA PANDEMI

mualifah, Atika (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI KE-NU-AN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) MA'ARIF PULUTAN PADA MASA PANDEMI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENANAMAN NILAI-NILAI KE-NU-AN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) MA'ARIF PULUTAN PADA MASA PANDEMI. Skripsi Salatiga: Pendidik Islam Anak Usia Dini Fakultas Trbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, pembimbing: Aprilia Adisti, M.Pd. Kata kunci: Nilai-nilai ke-NU-an dalam aspek agama dan moral Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah ada tiga hal yaitu 1). untuk mengetahui nilai-nilai ke-NUan yang diterapkan dalam mengembangkan aspek agama dan moral di RA Ma'arif Pulutan 2). Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan nilai agam dan moral pada anak berbasis ke-NUan di RA Ma’arif Pulutan. 3). Untuk menjelaskan hasil pengembangan nilai agama dan moral pada anak berbasis Ke-NUan di RA Ma’arif Pultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengolah keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai ke-NUan dalam mengembangkan aspek agama dan moral pada anak di RA Ma’arif Pulutan sudah dilaksanakan, meliputi beberapa amaliah diantaranya adalah bersholawat kepada Nabi Muhammad dengan sholawat asghil, Nariyyah, dan sholawat Tibbil Qulub, selain sholawat ada amaliah yang lain seperti puji-pujian setelah adzan, asmaul husna, ziarah kubur, berdzikir kepada Allah dengan suara yang nyaring, melantunkan niat shalat, berjabat tangan setelah shalat dan do’a Qunut serta 5 sikap prinsip dasar NU. Strategi yang guru gunakan yaitu dengan penanaman secara langsung maupun tidak langsung melalui pembiasaan dalam setiap harinya. Hasil yang dicapai anak-anak sangat baik dengan terprogresnya perkembangan anak dalam meniru amaliah NU yang diberikan oleh guru, seperti anak mampu melantuankan sholawat, dzikir, tahlil, asmaul husna dengan mandiri baik di rumah maupun di lingkungan sekolah. Anak mampu berjabat tangan setelah sholat, melantunkan niat sholat, dan mengikuti ziarah kubur dengan baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2022 21:53
Last Modified: 30 Jun 2022 15:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13734

Actions (login required)

View Item View Item