Kiswah, Maria Evi (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Materi Penggolongan Makhluk Hidup Melalui Model Mind Mapping Pada Peserta Didik Kelas III MIN Mlaten Mijen Demak Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
FIX PRINT SKRIPSI !!!!.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik yang dilatar belakangi dengan adanya kenyataan prestasi belajar peserta didik kelas III MIN Mlaten Mijen Demak dalam pembelajaran IPA tergolong masih rendah. Oleh karena itu Guru diharapkan menerapkan model pembelajaran yang meningkatkan prestasi belajar. Masalah utama yang akan dijawab dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : Apakah penerapan Model Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar materi penggolongan makhluk hidup pada peserta didik kelas III MIN Mlaten Mijen Demak tahun ajaran 2016/2017. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menerapkan model Mind Mapping pada peserta didik kelas III MIN Mlaten Mijen demak tahun ajaran 2016/2017, dengan subjeknya seluruh peserta didik kelas III dengan materi pokok penggolongan makhluk hidup. Data ini diambil dengan menggunakan observasi atau melihat aktifitas peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan memberikan tes formatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pra siklus, siklus I, siklus II. Data tersebut kemudian diolah secara kuantitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penggolongan Makhluk hidup mengalami peningkatan. Pada pra siklus keaktifan peserta didik yang mendapat skor 81-100 dengan predikat sangat baik hanya ada satu orang peserta didik, pada siklus I ada lima orang peserta didik yang mendapatkan skor 81-100 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu ada 13 peserta didik yang mendaptkan predikat sangat baik dengan skor 81-100. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum melakukan penerapan yaitu 12 atau 46% peserta didik yang memenuhi KKM dan sesudah penerapan model Mind Mapping yaitu pada siklus I sebanyak 20 atau 77% peserta didik yang telah tuntas, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 100% atau 26 peserta didik yang telah memenuhi KKM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 04:19 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 04:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1374 |
Actions (login required)
View Item |