PELAKSANAAN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS VII BOARDING SCHOOL MTs N 1 KUDUS TAHUN 2022

Rohmah, Nurul Faizatur (2022) PELAKSANAAN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS VII BOARDING SCHOOL MTs N 1 KUDUS TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS-NURUL FAIZATUR ROHMAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan Program Unggulan tahfidz Al-Qur’an dalamPenanaman Karakter Disiplin dan Adversity Quotient pada Siswa Kelas VII Boarding School MTs N 1 Kudus Tahun 2022. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikhin, M.S.I., M.Pd Penelitian ini didasari bahwa pendidikan nasional dewasa ini sedang dihadapkan pada beberapa krisis pokok diantaranya adalah kemerosotan kedisiplinan dan daya juang setiap siswa. Untuk menanggapi hal tersebut maka setiap lembaga pendidikan telah membuat inovasi dengan menawarkan program-program penunjang penanaman karakter, misalnya program tahdiz al-Qur’an. Penelitian ini memfokuskan pada pelaksanaan program unggulan tahfidz al-Qur’an di MTs. N 1 Kudus dengan misi mencetak generasi penghafal al-Qur’an yang berakhlakul karimah. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui desain program unggulan tahfidz al-Qur’an dalam penanaman karakter disiplin dan adversity quotient siswa kelas VII boarding school MTs N 1 Kudus; mengetahui pelaksanaan program unggulan tahfidz al-Qur’an dalam penanaman karakter disiplin dan adversity quotient siswa kelas VII boarding school MTs N 1 Kudus; dan mengetahui evaluasi program unggulan tahfidz al-Qur’an dalam penanaman karakter disiplin dan adversity quotient siswa kelas VII boarding school MTs N 1 Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskrpitif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. perencanaan program unggulan tahfidz al-Qur’an dalam penanaman karakter disiplin dan AQ adalah baik; 2. program unggulan tahfidz al-Qur’an dalam penanaman karakter disiplin dilaksanakan melalui kegiatan tahfidz baik di kelas maupun di boarding school dengan metode pembinaan, pembiasaan, pengawasan, dan penugasan. Adapun penanaman kecerdasan adversitas terjadap siswa tahfidz dapat diidentifikasi melalui kegiatan tahsin, menghafal, murajaah, semaan, dan adanya target hafalan; 3. evaluasi program unggulan tahfidz al-Qur’an dalam penanaman karakter disiplin dan AQ meliputi evaluasi konteks, input, dan hasil. Kata Kunci: tahfidz Al-Qur’an, Disiplin, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2022 17:33
Last Modified: 01 Jul 2022 17:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item