IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XII DI MA NU HASYIM ASY’ARI 2 KUDUS TAHUN 2022

Arifah, Niswatul (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XII DI MA NU HASYIM ASY’ARI 2 KUDUS TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS - Niswatul Arifah-Final Oke.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XII di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun 2022. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikhin, M. S. I., M. Pd Pendidikan kepramukaan merupakan wadah pembentukan moral siswa yang dilaksanakan dalam Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah sebagai upaya pembinaan karakter siswa melalui proses pembelajaran dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Implementasi pendidikan kepramukaan berdasarkan Tri Satya dan Dhasadharma yang relevan dengan pendidikan akhlakul karimah, dengan indikator karakter peduli sosial antara lain yaitu siswa memiliki sikap peduli pada orang lain, menghargai orang lain, menghormati hak-hak orang lain, dan bekerja sama membantu dan menolong orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, implementasi, dan sejauh mana kegiatan kepramukaan dapat menanamkan karakter peduli sosial pada siswa sebagai bagian dari pendidikan akhlakul karimah di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Sedangkan, jenis penelitian ini menggunakan kualitatif naturalistic melalui participant observation dengan partisipasi aktif dalam kegiatan kepramukaan. Penyajian data dilakukan dalam bentuk deskripsi singkat kegiatan. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data dan menyajikan data-data yang diperoleh dengan deskripsi singkat kegiatan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan dapat berhasil memberikan pengalaman kepada siswa terkait dengan karakter peduli sosial melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Adapun kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dapat terwujud melalui implementasi pendidikan kepramukaan dalam menanamkan karakter peduli sosial di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, antara lain: (1) Rencana program kegiatan, meliputi: program bulanan dan tahunan, (2) Implementasi pendidikan kepramukaan dalam menanamkan karakter peduli sosial yang meliputi: iuran wajib, peringatan hari besar agama Islam (isra’ mi’raj, maulid nabi, halal bi halal), bakti sosial, dan bakti lingkungan. (3) Faktor-faktor pendukung, yang meliputi: perencanaan program yang matang, fasilitas memadai, dan dukungan dari semua komponen lembaga. Sedangkan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan kepramukaan, meliputi: tingkat antusiasme anggota rendah, alokasi waktu singkat, dan kurangnya dukungan orang tua. Kata kunci: Pendidikan Kepramukaan, Karakter Peduli Sosial, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2022 17:40
Last Modified: 01 Jul 2022 17:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item