IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILL BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAYAH DI KOTA SALATIGA TAHUN 2019

Susapti, Peni (2022) IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILL BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAYAH DI KOTA SALATIGA TAHUN 2019.

[img] Text
D.7. Implementasi Scientific Approach untuk meningkatkan HOTS.pdf

Download (653kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan upaya-upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengimplementasikan saintific aproach untuk meningkatkan high order thinking skill bagi siswa Madrasah Ibtidayah di kota Salatiga.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Metode pengambil sampel termasuk dalam tipe nonprobability sampling yaitu dengan metode convenience sampling.Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu tes, angket, Focus Group Discussion (FGD), dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan rumus persentil, kemudian data kualitatif dianalisis dengan cara coding, kategorisasi, dan reduksi.Hasil penelitian ini menunjukkah bahwa: 1)Sebagian besar guru belum mengimplementasikan penilaian pembelajaran menggunakan kategori HOTS serta kemampuan siswa mengerjakan soal HOTS berada masih berada pada level rendah; 2) Guru mengalami kesulitan dalam menerapkan HOTS terutama dalam membuat instrumen penilaian untuk menilai kemampuan siswa; dan 3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berbasis HOTS di MI kota Salatiga, antara lain: sarana dan prasarana yang cukup memadai, persepsi positif guru dan siswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis HOTS di MI.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2022 18:37
Last Modified: 01 Jul 2022 11:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13757

Actions (login required)

View Item View Item