Rahmatullah, Yusuf Ibrahim (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DAN XI MA AL ISLAM SUSUKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Yusuf Ibrahim R.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas X dan XI MA Al Islam Susukan, mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X dan XI MA Al Islam Susukan, mengetahui seberapa besar pengaruh siswa kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X dan XI MA Al Islam Susukan. Jenis penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI MA Al Islam Susukan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI MA Al Islam Susukan yang berjumlah 45 siswa dengan menggunakan teknik simple randon sampling. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni menggunakan angket dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis korelasi determinasi yang dibantu dengan program SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemandirian belajar siswa MA Al Islam Susukan memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 50,82, median sebesar 50, modus sebesar 46, dan standar deviasi sebesar 7,01. Siswa yang memiliki kemandirian tinggi sebanyak 22%, siswa yang memiliki kemandirian cukup sebanyak 24%, siswa yang memiliki memiliki kemandirian kurang sebanyak 27%, dan siswa yang memilik kemandirian rendah sebanyak 27%. Prestasi belajar siswa MA Al Islam Susukan memiliki nilai rata-rata (mean) sebesar 78,8, median (Me) sebesar 78, modus (Mo) sebesar 75; dan standar deviasi (SD) sebesar 6,419. Siswa yang memiliki prestasi belajar matematika yang tinggi sebanyak 27%, siswa yang memiliki prestasi belajar cukup sebanyak 22%, siswa yang memiliki memiliki prestasi belajar kurang sebanyak 35%, dan siswa yang memiliki pretasi belajar belajar rendah sebanyak 16%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian dengan prestasi belajar matematika siswa MA Al Islam Susukan. nilai thitung lebih dari ttabel (2,200 > 2,016) dan nilai signifikansi = (0,03 < 0,05) dengan nilai R^2 = 0,101 = 10,1%. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 10% kemandirian terhadap prestasi belajar matematika siswa MA Al Islam Susukan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Jul 2022 04:44 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 21:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13764 |
Actions (login required)
View Item |