PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 1 MATERI PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN METODE MAKE A MACTH PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI ISLAMIYAH CABEAN KUNTI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

wahyudi, eko (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 1 MATERI PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN METODE MAKE A MACTH PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I MI ISLAMIYAH CABEAN KUNTI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
EKO WAHYUDI 23040180128.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema 1 Subtema 1 pada siswa kelas IV semester MI Islamiyah Cabean kunti Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa MI Islamiyah Cabean kunti yang terdiri dari 20 siswa yaitu 10 laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiapsiklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal dan Ketuntasan Individual. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan meode pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil siklus sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dari semua siswa hanya 25% siswa yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus I menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 55% (11 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 58,5 sedangkan pada siklus II kriteriaketuntasan klasikal sebesar 100% (20 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 92,75. Dari data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan 45%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:21
Last Modified: 04 Jul 2022 01:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13772

Actions (login required)

View Item View Item