PENANAMAN MATERI AKHLAQ KARIMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PTM-T PADA SISWA KELAS VI SDN 2 TLOGOPUCANG DAN SDN MARGOLELO KANDANGAN TEMANGGUNG

UTOMO, YUDHA ANGGIA (2022) PENANAMAN MATERI AKHLAQ KARIMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PTM-T PADA SISWA KELAS VI SDN 2 TLOGOPUCANG DAN SDN MARGOLELO KANDANGAN TEMANGGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS YUHDA 12010180055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penanaman Materi Akhlaq Karimah Dalam Pembelajaran PAI di Masa PTM-T Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo Kandangan Temanggung bertujuan untuk menganalisis (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan akhlaq karimah pada peserta didik. (2) Muatan materi materi akhlaq karimah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo. (3) Implikasi dari penanaman akhlaq karimah di SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo. Metode yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi multikasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul diverifikasi dengan teknik triangulasi untuk memastikan objektifitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam penanaman akhlaq karimah antara lain : keteladanan, pembiasaan, dan pemberian nasihat. (2) Muatan materi akhlaq karimah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN adalah berbaik sangka, simpati, kerja sama, dan tolong menolong, bersikap toleran, hidup rukun, serta hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan anggota keluarga. (3) Implikasi dari penanaman akhlaq karimah yaitu sopan santun, toleransi, hormat dan patuh, simpati, serta rajin beribadah dan rajin belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:49
Last Modified: 03 Jul 2022 18:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13773

Actions (login required)

View Item View Item