Ni'am, Irma Faedatun (2022) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI MAD THABI’I MENGGUNAKAN TEKNIK FEYNMAN DAN TEKNIK POMODORO KELAS VII B MTS NU UNGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Akhir Irma Faedatun Ni'am_23010180179.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ni’am, I.F. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Materi Mad Thabi’i Menggunakan Teknik Feynman dan Teknik Pomodoro Kelas VII MTs NU Ungaran Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Hasil Belajar, PAI, Teknik Feynman, Teknik Pomodoro Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik Feynman dan teknik Pomodoro dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis Materi Mad Thabi’i pada peserta didik kelas VII MTs NU Ungaran Tahun Ajaran 2021/2022, bagaimana peningkatan aktivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis Materi Mad Thabi’i menggunakan teknik Feynman dan teknik Pomodoro pada peserta didik kelas VII MTs NU Ungaran Tahun Ajaran 2021/2022, bagaimana peningkatan hasil belajar aspek kognitif Al-Qur’an Hadis Materi Mad Thabi’i menggunakan teknik Feynman dan teknik Pomodoro pada peserta didik kelas VII MTs NU Ungaran Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan teknik Feynman dalam upaya peningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis materi Mad Thabi’i di kelas VII B MTs NU Ungaran yaitu dengan menulis pokok/inti materi yang dipelajari, kemudian siswa mempelajari materi dengan cara mengajarkan materi secara singkat kepada teman sesama kelompok dan saling bergantian. Sedangkan penerapan teknik Pomodoro yaitu dengan membagi kelompok siswa sesuai tempat duduk depan belakang, kemudian siswa mengurutkan materi yang akan dipelajari, memanfaatkan waktu 25 menit belajar dan 5 menit istirahat. 2) Peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan teknik Feynman dan teknik Pomodoro mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi Mad Thabi’i di kelas VII B MTs NU Ungaran diketahui mengalami peningkatan pada tiap siklus. Hal ini terbukti pada siklus I hasil observasi guru memperoleh skor 22 dari skor maksimal 30 dengan persentase 73% dan hasil observasi siswa memperoleh skor 9 dari skor maksimal 15 dengan persentase 60%. Siklus II hasil observasi guru memperoleh skor 29 dari skor maksimal 30 dengan persentase 97% dan hasil observasi siswa memperoleh skor 14 dari skor maksimal 15 dengan persentase 93%. Siklus III hasil observasi guru memperoleh skor 30 dari skor maksimal 30 dengan persentase 100% dan hasil observasi siswa memperoleh skor 15 dari skor maksimal 15 dengan persentase 100%. 3) Peningkatan hasil belajar aspek kognitif Al-Qur’an Hadis Materi Mad Thabi’i di kelas VII B MTs NU Ungaran diketahui mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hal ini terbukti pada pra siklus siswa yang tuntas belajar 9 siswa dengan persentase 26% yang tidak tuntas 24 siswa dengan persentase 74%. Sedangkan di siklus I siswa yang tuntas 20 siswa dengan persentase 59% yang tidak tuntas 14 siswa dengan persentase 41%, siklus II siswa yang tuntas 30 siswa dengan persentase 88% yang tidak tuntas 4 siswa dengan persentase 12%. Pada siklus III siswa yang tuntas 32 siswa dengan persentase 94% yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 6%. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I 33% sedangkan dari siklus I ke siklus II 29%. Peningkatan dari siklus II ke siklus III adalah 6%. Dengan ini siklus dihentikan karena indikator keberhasilan baik individu atau klasikal sudah terpenuhi.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 15:34 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 12:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13775 |
Actions (login required)
View Item |